Ketua Pokdarwis dan RT RW Pergantian Antar Waktu Kelurahan Panggung Kota Tegal Dikukuhkan

Ketua Pokdarwis dan RT RW Pergantian Antar Waktu Kelurahan Panggung Kota Tegal Dikukuhkan

Pergantian Antar Waktu atau PAW Ketua RW, Ketua RT serta Ketua Pokdarwis di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Proses pergantian tersebut dihadiri lengkap dari Camat Tegal Timur, Zidni Nuryantoro, SH beserta forkopimcam Tegal Timur, Kota Tegal.

Tuan rumah Lurah Panggung, Amin Suseno, SH, MH, beserta Ketua LPMK, Suwardi, Ketua RW pergantian antar waktu atau PAW, RT Pemekaran serta para pengurus baru Pokdarwis dari beberapa pantai diwilayah kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal hadir memberikan sambutan.

Pengukuhan dilakukan Camat Tegal Timur, Zidni Nuryantoro, SH terhadap Ketua RW Pengganti Antar Waktu atau PAW, ketua RT yang juga Pengganti Antar Waktu di RW 02 serta Pemekaran RT di RW 09 dari RT 17 sampai RT 20 di Pendopo Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Minggu, 9 Januari 2022.

“Mungkin hanya ada di kelurahan Panggung. Artinya untuk agenda akhir tahun menyelesaikan re-organisasi, ketua RW pengganti antar waktu, ketua RT pengganti antar waktu dan juga ada RT pemekaran. Ini sungguh luar biasa,” ujar Amin Suseno dalam kata sambutannya.

Amin menyampaikan pesannya bahwa semua merupakan kerja tim maka diharapkan semua pengurus dapat bekerja dengan baik. Terutama bagi para pengurus yang baru agar dapat cepat menyesuaikan diri.

“Kerja bersama ini kerja tim agar bagaimana caranya kepengurusan maupun hal-hal yang mau dikerjakan nantinya bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara Camat Tegal Timur menyampaikan selain ucapan selamat, Ia juga menegaskan bahwa tugas-tugas yang diemban para ketua RT, RW maupun ketua Pokdarwis merupakan amanat dalam rangka menjalankan roda pemerintahan.

“Jadi pada kesempatan yang baik ini saya mohon dengan hormat pada teman-teman yang barusan dilantik niatkanlah sebagai ibadah. Jadi ketika kita sudah punya keniatan ibadah, dimanapun tanpa terbebankan,” kata Zidni.

Karena semuanya bersifat sosial kemasyarakatan saling membantu, RT dan RW membantu Lurah dan seterusnya lurah membantu kecamatan.

“Sekali lagi kita ingatkanlah sebagai ibadah dan ikhlas. Jadi kita bersama-sama menjalankan roda pemerintahan. Untuk pokdarwis, saya berharap mari kita tingkatkan kedepan mudah-mudahan lebih baik dari sebelumnya,” harapnya.

Penetapan pengurus RT hasil pemekaran dan RW pergantian antar waktu dikeluarkan berdasarkan keputusan Lurah Panggung bernomor 149/004/XIV 2021 berdasar pada perubahan lampiran surat keputusan lurah panggung nomor : 149/001/I/2021 tanggal 02 Januari 2022 tentang Penetapan Pengurus RT dan RW masa bhakti 2021 – 2025.

Sedangkan pembacaan SK Pokdarwis dibacakan dan dikukuhkan secara terpisah yang dilakukan dari Disporabud Kota Tegal.

Dalam keputusan tersebut, juga menjelaskan tentang tugas pokok Pengurus RT antara lain bertugas Pendataan Kependudukan dan pelayanan adminstrasi pemerintahan lainnya.

Selain itu melakukan pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga, pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat serta menjadi penggerak swadaya gotong royong partisipasi masyarakat diwilayahnya.

Masa bhakti kepenguruan RT (Rukun Tetangga) 04 RW 02 Pengganti Antar Waktu mulai berlaku sesuai dalam diktum yang menyebutkan berlaku dari mulai 01 Januari 2022 sampai dengan 31 Desember 2025.

Sementara terdapat 3 (tiga) Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis dari 3 pantai yang masuk wilayah Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Diantaranya Pokdarwis Edu Mina Wisata Pantai Komodo dengan Ketua Darmawan, Pokdarwis Pantai Pulo Kodok Ketuanya Budiyono dan Pokdarwis Pantai Batamsari dengan Ketua Agung Brigif.

Ketiga Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis tersebut mempunyai masa bhakti dari tahun 2022 dan berakhir hingga tahun 2024. Ketiganya juga mempunyai landasan hukum berdasar pada keputusan lurah Panggung.

Pokdarwis Pantai Komodo dengan SK Nomor : 556.1/002/XII/2021, untuk Pokdarwis Pantai Pulo Kodok mempunyai SK Nomor : 556.1/001/XII/2021 serta Pokdarwis Pantai Batamsari bernomor SK : 556.1/003/XII/2021 yang semuanya tertanggal 30 Desember 2021.*** Lazarus Sandya Wella- kabartegal.pikiran-rakyat.com

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kelurahan Panggung (@kelpanggung)

Post A Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News

Instagram

Subscribe